Selasa, 12 Juni 2012

Customer Relationship Management: Memaksimalkan Database untuk CRM

Pernah dengar istilah - CRM tanpa database adalah mission impossible ! yaaa itu adalah kalimat yang disampaikan oleh Pak Handi Irawan, seorang pakar CRM di Indonesia.

Kali ini saya akan menyampaiakn sekilas mengenai Database sebagai tulang punggung dari kegiatan marketing, khususnya CRM.

Marketing database ?
Sekumpulan data dan informasi terutama data pelanggan, yang digunakan untuk keperluan pemasaran produk atau jasa perusahaan. Semakin kaya informasi, database akan semakin banyak memberikan manfaat!

Kenapa database itu penting ?
  • Bahwa kita melakukan yang namanya Relationship marketing, yaitu Pengenalan setiap pelanggan secara lebih dekat dengan menciptakan komunikasi dua arah untuk mengelola suatu hubungan yang saling menguntungkan antara pelanggan dan perusahaan. Melakukan aktivitas marketing berdasarkan hubungan yang terbentuk
  • Customer Relationship Management, meyatakan bahwa setiap pelanggan itu berbeda satu dengan yang lain tidak ada yang sama satu orangpun, sehinggan untuk bisa memberikan pelayanan dengan baik dan benar perlu untuk mengenali mereka satu per satu.  
  • DATABASE MARKETING berguna sebagai TULANG PUNGGUNG bagi suksesnya Strategy Pemasaran “Relationship marketing & CRM”
Manfaat database ?
  1. Mengenali pelanggan. Menganal pelanggan adalah kunci untuk membina hubungan jangka panjang 
  2. Sebagai sumber informasi yang sangat penting bagi program pemasaran. Informasi / pengetahuan dibutuhkan untuk menentukan strategy 
  3. Bank data & informasi
  4. Segmentasi
  5. Sumber keuangan perusahaan
  6. Menetukan target sales force
  7. Meningkatkan efektifitas kinerja sales force
  8. Menentukan dan mengelola pelanggan pareto
  9. Memudahkan sales force menentukan skala prioritas
  10. Mencapai target yg diinginkan
  11. Program Trade Promo
  12. Program Consumer promotion 
Tujuan memiliki database ?
  • Segementasi pelanggan
  • Mengenal pelanggan lebih dalam
  • Membuat program yang sesuai dengan profil pelanggan
  • Program Up selling dan Cross selling
  • Referral program
  • Projection program
  • Win BAck program
Semua program tersebut hanya bisa terlaksana bila ada database yang dikelola dengan baik.


Beberapa contoh Segementasi Pelanggan !
  • Customer Life Time Value (CLV) : Nilai profit yang dihasilkan oleh pelanggan / kelompok pelanggan dalam jangka waktu tertentu dimana kita bisa mempertahankan hubungan dengan mereka (life time)
  • R/F/M : pengelompokan pelanggan berdasarkan kapan beli terakhirm seberapa sering dan nilai belanjanya
    • Recency (Last transaction)
    • Frequency (Frekuensi belanja dalam periode tertentu)
    • Monetary (nilai uang yang dibelanjakan dalam periode waktu tertentu 
  • dan masih ada puluhan bahkan ratusan cara kita mengelompokkan pelanggan sesui kebutuhan kita atau kebutuhan customer 
    • berdasar geografi
    • usia
    • penyakit
    • kebiasaan
    • pekerjaan
    • agama
    • dan lainnya
Contoh field / data yang bisa anda simpan dalam database, sesuaikan dengan kebutuhan bisnis
  • Nomor identita
  • Nama dan alamat pelanggan
  • Nama pengambil keputusan
  • Gelar dan jabatan 
  • Nomor telepon
  • Email address
  • Nomor HP
  • Historical transaksi
  • Frekuensi pembelian
  • Estimasi habis
  • Produk yang dibeli
  • Jumlah pembelian
  • Nilai pembelian 
  • Periodik Purchase
  • Rata – rata pembelian
  • Cara pembelian
  • Cara bayar
  • Catatan kontak
  • Bagaimana pelanggan direkruit
  • Data keluarga
  • Media habits
  • Hobby
  • POIN
  • Peralatan yang dimiliki
  • Data keuangan
  • Apakah suka traveling saat libur
  • Credit card yang dipunyai
  • Membership lain ?
  • dan lainnya
info lebih lanjut : ristono.joko@gmail.com


Salam !

    Tidak ada komentar:

    Posting Komentar

    Selasa, 12 Juni 2012

    Customer Relationship Management: Memaksimalkan Database untuk CRM

    Pernah dengar istilah - CRM tanpa database adalah mission impossible ! yaaa itu adalah kalimat yang disampaikan oleh Pak Handi Irawan, seorang pakar CRM di Indonesia.

    Kali ini saya akan menyampaiakn sekilas mengenai Database sebagai tulang punggung dari kegiatan marketing, khususnya CRM.

    Marketing database ?
    Sekumpulan data dan informasi terutama data pelanggan, yang digunakan untuk keperluan pemasaran produk atau jasa perusahaan. Semakin kaya informasi, database akan semakin banyak memberikan manfaat!

    Kenapa database itu penting ?
    • Bahwa kita melakukan yang namanya Relationship marketing, yaitu Pengenalan setiap pelanggan secara lebih dekat dengan menciptakan komunikasi dua arah untuk mengelola suatu hubungan yang saling menguntungkan antara pelanggan dan perusahaan. Melakukan aktivitas marketing berdasarkan hubungan yang terbentuk
    • Customer Relationship Management, meyatakan bahwa setiap pelanggan itu berbeda satu dengan yang lain tidak ada yang sama satu orangpun, sehinggan untuk bisa memberikan pelayanan dengan baik dan benar perlu untuk mengenali mereka satu per satu.  
    • DATABASE MARKETING berguna sebagai TULANG PUNGGUNG bagi suksesnya Strategy Pemasaran “Relationship marketing & CRM”
    Manfaat database ?
    1. Mengenali pelanggan. Menganal pelanggan adalah kunci untuk membina hubungan jangka panjang 
    2. Sebagai sumber informasi yang sangat penting bagi program pemasaran. Informasi / pengetahuan dibutuhkan untuk menentukan strategy 
    3. Bank data & informasi
    4. Segmentasi
    5. Sumber keuangan perusahaan
    6. Menetukan target sales force
    7. Meningkatkan efektifitas kinerja sales force
    8. Menentukan dan mengelola pelanggan pareto
    9. Memudahkan sales force menentukan skala prioritas
    10. Mencapai target yg diinginkan
    11. Program Trade Promo
    12. Program Consumer promotion 
    Tujuan memiliki database ?
    • Segementasi pelanggan
    • Mengenal pelanggan lebih dalam
    • Membuat program yang sesuai dengan profil pelanggan
    • Program Up selling dan Cross selling
    • Referral program
    • Projection program
    • Win BAck program
    Semua program tersebut hanya bisa terlaksana bila ada database yang dikelola dengan baik.


    Beberapa contoh Segementasi Pelanggan !
    • Customer Life Time Value (CLV) : Nilai profit yang dihasilkan oleh pelanggan / kelompok pelanggan dalam jangka waktu tertentu dimana kita bisa mempertahankan hubungan dengan mereka (life time)
    • R/F/M : pengelompokan pelanggan berdasarkan kapan beli terakhirm seberapa sering dan nilai belanjanya
      • Recency (Last transaction)
      • Frequency (Frekuensi belanja dalam periode tertentu)
      • Monetary (nilai uang yang dibelanjakan dalam periode waktu tertentu 
    • dan masih ada puluhan bahkan ratusan cara kita mengelompokkan pelanggan sesui kebutuhan kita atau kebutuhan customer 
      • berdasar geografi
      • usia
      • penyakit
      • kebiasaan
      • pekerjaan
      • agama
      • dan lainnya
    Contoh field / data yang bisa anda simpan dalam database, sesuaikan dengan kebutuhan bisnis
    • Nomor identita
    • Nama dan alamat pelanggan
    • Nama pengambil keputusan
    • Gelar dan jabatan 
    • Nomor telepon
    • Email address
    • Nomor HP
    • Historical transaksi
    • Frekuensi pembelian
    • Estimasi habis
    • Produk yang dibeli
    • Jumlah pembelian
    • Nilai pembelian 
    • Periodik Purchase
    • Rata – rata pembelian
    • Cara pembelian
    • Cara bayar
    • Catatan kontak
    • Bagaimana pelanggan direkruit
    • Data keluarga
    • Media habits
    • Hobby
    • POIN
    • Peralatan yang dimiliki
    • Data keuangan
    • Apakah suka traveling saat libur
    • Credit card yang dipunyai
    • Membership lain ?
    • dan lainnya
    info lebih lanjut : ristono.joko@gmail.com


    Salam !

      Tidak ada komentar:

      Posting Komentar