Jumat, 15 Juni 2012

Anda Mengalami Sulit Tidur - Insomnia??


Sulit Tidur
Kita semua pernah mengalami insomnia atau kesulitan tidur. Tetapi biasanya bersifat sementara. Gangguan ini menjadi masalah besar bila terjadi masalah besar bila terjadi setiap malam.

Setiap orang mempunyai kebutuhan waktu tidur yang berbeda. Sebagian orang cukup dengan hanya tidur selama 4-5 jam setiap malam sedang yang lain perlu paling tidak 8 jam. Insomnia bukan berarti berapa lama waktu tidur tetapi lebih mengarah pada kualitas tidur: seberapa jauh dapat beristirahat dengan tidur tsb.

Gejala-gejala
Sebagian orang sukar untuk mulai tidur dan sampai lama tidak bisa tidur lagi. Beberapa orang sering terbangun di malam hari dan karena itu menjadi ngantuk di siang hari.

Penyebab umum
  • Stres di rumah atau di tempat kerja.
  • Perubahan pola hidup seperti pindah ke rumah baru.
  • Lingkungan yang ramai dan tidak nyaman untuk tidur.
  • Penyakit yang menyebabkan nyeri, sesak nafas atau sering buang air kecil.
  • Pertambahan usia.
  • Cemas dan depresi.
Yang dapat anda lakukan
  • Kebiasaan tidur yang baik.
  • Jam tidur yang tidak rutin-usahakan untuk pergi tidur pada waktu yang sama setiap malam.
  • Pastikan tempat tidur nyaman dan suhu ruangan sesuai yang dikehendaki.
  • Jangan memikirkan masalah dan kegiatan sehari-hari.
  • Latihan ringan pada sore hari mungkin bisa membantu. Jangan melakukan latihan sebelum tidur.
Bila ternyata tidak bisa tidur.
  • Jangan hanya berbaring dan mencemaskannya.
  • Bangun dan baca buku atau dengarkan musik yang lembut atau minum susu hangat.
  • Kemudian kembali berbaring ditempat tidur.
Hindari
  • Makan terlalu banyak sebelum tidur.
  • Terlalu banyak minum kopi, rokok, alkohol pada jam tidur.
  • Kebiasaan tidur siang.
Tindakan dokter anda
Sebaiknya segera konsultasikan kedokter bila insomnia :
  • Berlangsung terus tiap malam.
  • Mulai mengganggu kerja atau aktifitas harian.
  • Dokter bisa membantu menemukan penyebab insomnia dan akan mengobati seperlunya. Jangan minum obat tidur tanpa nasihat dari dokter. Obat tersebut mungkin akan mengurangi sedikit keluhan tetapi penggunaan yang rutin dan jangan lama bisa menyebabkan ketagihan.
Kurang Tidur
Kurang Tidur Dapat Merusak Daya Ingat

KURANG tidur dapat merusak kesehatan dan daya ingat. Para ahli mengatakan tubuh kita perlu istirahat (tidur) sekitar 7-8 jam setiap malamnya. Waktu tidur yang tak terpenuhi ini dapat berakibat Anda mengantuk di siang harinya sehingga dapat mengganggu konsentrasi, kemampuan untuk mengambil keputusan, motivasi, dan daya ingat.

Selain itu, kurang tidur juga membuat daya tahan tubuh berkurang sehingga Anda gampang terserang demam, flu, dan infeksi lainnya. Hal ini terjadi karena pengeluaran insulin bagi orang yang kurang tidur menjadi lambat. Ini juga meningkatkan risiko kegemukan dan diabetes. Selain itu, tekanan darah juga jadi meningkat.

Berikut ini ada tujuh tips yang dapat menjadi solusi bagi Anda yang bermasalah dengan tidur.
1.      Kesibukan : Bagi orang yang supersibuk di waktu siang, tidur adalah kebutuhan utamanya, jelas Thomas Roth, PhD, ketua Pusat Penelitian Tidur Bermasalah di Detroid. Solusinya: Rencanakan jadwal tidur sebagaimana Anda menjadwalkan kegiatan lainnya.
2.      Perubahan Hormon: Insomnia meningkat pada wanita usia 44-55 tahun, kata Joyce Walsleben, PhD, direktur Pusat Tidur Bermasalah di Fakultas Kesehatan, Universitas New York. Hal itu karena berkurangnya hormon estrogen dan progesterone di dalam tubuh. Dan, masalah itu bertambah parah oleh kondisi menopause. Sebanyak 40% wanita pascamenopause mengalami kesulitan tidur. Solusinya: Stabilkan keseimbangan hormon Anda. Konsumsi pil KB dapat membantu bagi yang belum menopause, sedangkan bagi yang sudah sebaiknya melakukan terapi penggantian hormon HRT).
3.      Cemas: Orang sering memikirkan masalah rumit di tempat tidur, seperti masalah utang yang belum dibayar. Ingat, kekhawatiran dapat memperburuk situasi. Solusinya: Buatlah sebuah buku yang berisi kekhawatiran Anda. Dan, kemudian simpan buku itu. Jika Anda terjaga, katakan kepada diri Anda, "Saya sudah menggunakan waktu untuk mengkhawatirkan hal itu." Hal itu dapat berlangsung selama 1-2 pekan, tapi Anda harus mampu meyakinkan diri sendiri.
4.      Perubahan Hidup: "Setiap perubahan dapat menyebabkan insomnia (susah tidur), seperti pindah ke kota lain, berpisah dari anak, bercerai, dan sebagainya," kata Frisca Yan-Go, MD, direktur Pusat Tidur Bermasalah Los Angeles di Santa Monica, seperti dikutip Good Housekeeping. Solusinya: Susah tidur pada saat bermasalah cukup wajar jika terjadi satu-dua hari, tapi jika sudah mencapai insomnia kronis segeralah hubungi dokter. 
5.   Lingkungan: Jika Anda menghadapkan kamar tidur ke arah pusat keramaian atau perkantoran, berarti Anda mencari masalah tidur. Solusinya: Tutup rumah Anda dengan tirai. Singkirkan barang-barang yang mengganggu seperti catatan jadwal pekerjaan Anda dan sebagainya. Gelapkan ruangan dan tutup tirai agar cahaya dari luar tidak masuk. Jika suara berisik masuk ke ruangan tidur Anda, usahakan untuk tidak marah dan kesal karena hal itu semakin membuat Anda sulit tidur.
6.      Kebiasaan Buruk: Minum alkohol dalam jumlah yang banyak membuat Anda terjaga karena akan lebih sering ke toilet. Selain itu alkohol juga membuat jantung Anda berdetak lebih kencang dan membuat Anda lebih banyak bergerak secara spontan sehingga akan mengganggu tidur. Merokok juga dapat menyebabkan Anda sulit tidur karena nikotin dalam rokok memicu pelepasan adrenalin-hormon yang membuat Anda terus terjaga. Konsumsi kafein juga membuat Anda sulit tidur. Solusinya: Batasi alkohol. Dan, jika minum kopi, kola, ataupun tart cokelat, lakukanlah jauh sebelum larut malam. Tubuh butuh tujuh jam untuk mengeluarkan kafein dari sistem peredaran darah. Jangan merokok, dan jika Anda mengonsumsi permen karet nikotin untuk membantu berhenti merokok, jangan mengunyahnya setelah pukul tiga siang.
7.      Anak Kecil: Dengan memiliki anak kecil, para ibu harus terbiasa dengan tidur yang terganggu. Para ibu harus membiasakan diri tidur jika ada kesempatan untuk itu. Solusinya: "Pada bulan-bulan pertama usia bayi Anda, usahakan ikut tidur ketika ia tidur," nasihat Timothy Roekrs, PhD, direktur Pusat Penelitian Tidur Bermasalah pada Sistem Kesehatan Henry Ford. Dan, jika punya anak lainnya yang lebih besar carikan orang untuk menjaganya sementara Anda beristirahat.

Tetapi, batasi tidur Anda itu hanya selama 30 hingga 90 menit saja agar Anda tidak sulit tidur di malam hari. Secepatnya usahakan tidur anak Anda teratur. Selanjutnya biasakanlah hal itu.
Dan, ingat masa-masa itu akan berakhir.
  
Tips Tidur
Akhir-akhir ini, semakin orang menyadari pentingnya arti kualitas tidur. Kualitas tidur merupakan kebutuhan mutlak terutama bagi para pekerja keras seperti eksekutif atau profesional. Kebutuhan tersebut sama pentingnya dengan makanan bergizi dan olah raga. Bahkan lebih dari pada itu, kualitas pola tidur sehat adalah sumber kesegaran, daya konsentrasi, tenaga dan vitalitas yang membuat kita mampu untuk mengoptimalkan produktivitas dan prestasi kerja”

1. Disiplin Keteraturan Dan Keseimbangan
Cara terbaik menikmati istirahat malam adalah dengan selalu tidur pada waktunya. Jika tidur terlalu pagi dan bangun keesokan harinya, maka Anda akan mengalamni semacam gangguan yang biasanya dinamakan "jet lag". Seperti halnya orang yang baru pulang dari bepergian menggunakan pesawat udara dari negara dengan perbedaan waktu yang banyak. Agar "jam biologis" tubuh anda tetap, bangunlah pada waktu yang kurang lebih sama, tidak peduli apakah anda merasa cukup tidur atau tidak.

Usahakan untuk menjaga keteraturan dalam berangkat maupun bangun tidur baik pada hari-hari kerja, maupun hari-hari libur. Seandainya anda tidak tidur pada hari Sabtu malam tetapi baru tidur kemudian menjelang Minggu pagi, maka anda akan mengalami yang dinamakan "Insomnia Minggu Malam", dan yang terjadi adalah anda akan merasa demikian sulit memejamkan mata pada Senin dini hari, atau keesokan harinya - semakin dicoba, bahkan semakin sulit. Kalaupun hal ini terjadi misalnya anda harus bepergian jauh, maka satu-satunya jalan adalah mencari kemungkinan untuk anda "menebus"nya, sesudah itu kembalilah pada konsep keteraturan. Berangkat maupun bangun tidur sesuai jadwal yang telah anda tentukan sebelumnya dan makan seperti yang biasa anda lakukan.

2. Olah Raga Secara Teratur
Olah raga yang cukup dan teratur merupakan obat mujarab untuk menetralisir ketegangan yang anda alami baik ketegangan fisik maupun pikiran. Hal ini sedikit banyak akan membantu meningkatkan kualitas tidur anda. Biasanya orang yang berbadan bugar jauh lebih dapat menikmati tidur ketimbang mereka yang jarang berolah raga. Ini bukan berarti anda harus berolah raga sedemikian rupa sampai anda merasa kelelahan, cukup misalnya berjalan kaki selama 20 sampai 30 menit. Cara lain adalah dengan berenang atau bersepeda sedikitnya tiga kali dalam seminggu - paling tidak untuk menjaga kelancaran peredaran darah di jantung harus menjadi bagian dari aktivitas anda. Jangan terlambat berolah raga. Bila ada urusan-urusan yang harus diselesaikan, sebaiknya gunakan waktu pada petang hari untuk menyelesalkan segala macam urusan anda setelah anda selesai berolah raga. Waktu yang ideal untuk berolahraga adalah pagi atau sore hari atau maksimum menjelang petang.

3. Kurangi Zat Perangsang
Orang-orang Amerika Utara cenderung mengkonsumsi kopi sampai dengan 400 juta gelas sehari. Belum lagi ekstra kafein dari teh, minuman cola, dan coklat. Kalau anda adalah seorang peminum kopi, sebaiknya anda minum kopi enam atau delapan jam sebelum waktu anda tidur. Biasanya efek rangsangan dari kafein akan bekerja sedikitnya dua sampai empat jam kemudian. Minum kopi pada petang hari bagi kebanyakan orang biasanya akan membuatnya sulit memejamkan mata saat berangkat tidur.

Kafein bukanlah satu-satunya pengganggu tidur anda. Tirosin, zat yang biasanya ditemukan pada coklat seringkali akan membuat jantung anda senantiasa berdebar-debar pada malam hari. Pil-pil untuk diet biasanya juga mengandung perangsang yang membuat anda sulit memejan-ikan mata. Ada jenis obat-obatan tertentu yang interaksinya juga terkadang berpengaruh pada pola tidur anda. Jika anda terpaksa harus minum obat-obat tertentu, mintalah petunjuk dokter apa dampaknya pada pola tidur anda

4. Ciptakan Suasana Baik Dan Ritualisme Dalam Tidur
Jaga kelembaban atau suhu udara di kamar tidur anda sehingga anda merasa cukup nyaman. Ciptakan kondisi ruang tidur anda sedemikian rupa sehingga cukup memungkinkan untuk disinari oleh cahaya matahari.

Sebelum berangkat tidur, sebaiknya anda menjauhkan diri dari hal-hal yang dapat mengganggu pikiran anda. Seperti halnya anak-anak yang begitu mudah "berpindah alam" dengan melakukan aktivitas yang dilakukannya berulang-ulang seperti berdoa atau membaca buku cerita menjelang tidur, demikian juga orang dewasa.

Ritualisme dapat diaplikasikan dengan berbagai variasi misalnya meregangkan otot-otot, atau membasuh badan dengan air hangat. Atau Barangkali anda dapat pula mendengarkan musik lembut sambil membaca bacaan ringan. Jangan lupa juga untuk menyesuaikan cahaya atau penerangan dalam ruang tidur anda.

5. Jangan Merokok Menjelang Tidur
Nikotin sesungguhnya adalah zat yang memberi pengaruh lebih kuat ketimbang kafein. Dari beberapa studi yang dilakukan, perokok berat seringkali mengalami gangguan tidur. Hal ini disebabkan pengaruh nikotin. Mereka yang rata-rata menghabiskan dua bungkus rokok setiap harinya hanya akan menikmati separuh dari waktu tidurnya dengan terjaga. Sebaliknya hasil studi lain menunjukkan mereka yang telah berhenti merokok, secara secara dramatis mengalami perubahan pola tidur yang lebih baik.

6. Jangan mengkonsumsi Alkohol Berlebihan
Alkohol konon adalah alat bantu tidur yang ampuh. Hal ini mungkin benar, akan tetapi yang perlu anda ketahui adalah bahwa kualitas tidur yang diperoleh tidaklah seperti yang diharapkan. Anda hanya akan menikmati tidur yang semu karena pada saat anda bangun anda akan merasa sedemikian lelah. Malahan, bagi kebanyakan orang yang "berpenyakit" sulit tidur, terlalu banyak minum alkohol terkadang membuatnya sering terjaga pada malam hari.

7. Utamakan Kualitas, Bukan Kuantitas
Pernahkah anda merasakan atau membayangkan menikmati tidur "hanya" beberapa jam dengan baik tetapi dapat membuat anda merasa seperti tidur berjam-jam, sehingga pada saat anda bangun, anda bahkan tampak lebih bugar ketimbang mereka yang tidur berjam-jam tetapi dengan tidak memkmatinya. Manfaat lain bila anda mengutamakan kualitas tidur, tentunya anda akan mempunyai jam-jam ekstra untuk melakukan berbagai kegiatan.

"Pada umumnya, orang dewasa yang sering terkantuk kantuk pada siang hari, bukan menderita penyakit fisik maupun psikis, tetapi faktor penyebabnya justru biasanya adalah karena tidak dapat menikmati tidurnya dengan baik, walaupun memiliki jam tidur yang normal". Demikian Menurut Dr. Sonia Ancoli-Israel, Director of The Sleep Disorders Clinic, The San Diego Veterans Affairs Medical Center. Memang, setiap orang mempunyai pola tidur yang berbeda-beda. Apabila orang lain membutuhkan delapan jam tidur, sementara anda hanya membutuhkan lima jam, janganlah kemudian menduga bahwa anda mengalami insomnia. Hal tersebut adalah wajar. Yang perlu anda ketahui, kasur atau tempat tidur adalah salah satu faktor dominan dalam menentukan kualitas tidur

8. Buat Rencana Kerja Sebelum Tidur
Satu hal yang perlu anda lakukan menjelang tidur adalah pikirkan rencana-rencana apa saja yang sekiranya akan anda lakukan esok hari. Buatlah daftar sehingga memudahkan anda untuk mengingat kembali. Catatlah hal-hal yang membuat anda menjadi ragu atau khawatir dan langsung tuliskan beberapa kemungkinan atau alternatif pemecahannya. Apabila ada hal-hal yang membuat anda menjadi gusar, jangan sampai terbawa tidur, katakan kepada diri anda sendiri bahwa anda akan menyelesaikannya keesokan harinya.

9. Jangan Berangkat Tidur dalam Keadaan Lapar Atau Kekenyangan
Santap malam yang berlebihan biasanya akan memacu anda untuk terus bekerja, sehingga tanpa terasa waktu berjalan terus dan akhirnya anda mulai merasa lelah dan mengantuk, anda akan tertidur. Tetapi anda tertidur karena kelelahan dan bukan pada jam atau waktu anda tidur. Situasi yang demikian harus anda hindari. Hindari juga kacang-kacangan atau buah-buahan yang mengandung gas seperti durian. Hindari pula makanan-makanan kecil yang kandungan lemaknya cukup tinggi, karena membutuhkan waktu lebih lama untuk dicerna.

Bila anda sedang diet, jangan pergi tidur dalam keadaan lapar. Perut yang keroncongan justru akan menyulitkan anda untuk memejamkan mata. Untuk mengatasinya, makanlah atau lebih baik buah-buahan yang rendah kalori seperti pisang atau apel.

10. Gunakan Hanya Kasur Yang Ideal
lbarat olah raga seluncur es. Bila ingin berseluncur es dengan baik, anda tentu membutuhkan papan seluncur yang baik. Bila anda ingin tidur dengan baik, mutlak untuk anda menggunakan tempat tidur atau kasur yang baik pula. Di Indonesia, pada umumnya ada beberapa jenis kasur.

Pertama adalah kasur kapuk, kedua adalah kasur busa poliuretan (sponge). Ketiga adalah kasur pegas dan yang terakhir adalah yang disebut dengan kasur lateks. Bila kasur kapuk menggunakan buah pohon randu sebagai bahan bakunya. kasur busa poliuretan (sponge) menggunakan busa kimiawi yang dinamakan "poliuretan", kasur pegas menggunakan perpaduan pegas dan poliuretan (sponge), maka kasur lateks menggunakan bahan baku alam berupa cairan lateks .(bahan dasar pembuat karet) yang diolah sedemikian rupa menyerupai busa dan memiliki berjuta rongga-rongga udara yang berfungsi untuk kesempurnaan sirkulasi udara.

Seperti halnya penggunaan kasur lateks di negara-negara di daratan Eropa maupun Amerika yang sudah sedemikian memasyarakat, di Indonesia juga sudah banyak orang Yang mengenal dan mengerti arti pentingnya manfaat kasur lateks dalam meningkatkan kualitas tidur mereka

Satu lagi saat ini mereka yang sadar dengan pentingnya kualitas tidur hubungannya dengan kesehatan mereka, maka mulai banyak orang menggunakan berbagai macam jenis kasur terapi.
 
Tidur Sehat
Tidur merupakan salah satu bentuk istirahat terbaik yang dilakukan manusia untuk memulihkan kondisi kesehatan tubuhnya dari rasa letih dan capek akibat segala aktifitas yang dilakukannya. Bayangkan seandainya berhari-hari manusia dipaksa bekerja secara terus menerus tanpa sedetikpun beristirahat tidur, dipastikan manusia akan jatuh sakit dan lama-kelamaan akan mati.

Terlepas berapa lama dan peralatan apa yang dipakai manusia selama tidur, semua orang sepakat dan tidak menyangkal bahwa tidur merupakan salah satu kebutuhan mutlak semua orang agar dapat melangsungkan kehidupannya. Tetapi banyak orang yang luput memperhatikan bahwa sesungguhnya banyak gangguan penyakit yang terjadi akibat proses tidur yang dilakukan oleh seseorang. Proses manusia tidur berlangsung bertahun-tahun, dan kalau diperhatikan hampir 1/3 umur manusia dihabiskan untuk tidur. Artinya kalau anda sekarang telah berumur 60 tahun, maka hampir 20 tahun lamanya anda habiskan waktu hidup anda untuk tidur!

Adalah sangat menarik melihat variasi lama manusia tidur maupun perangkat yang dipakai manusia selama tidur. Kalau diperhatikan peradaban manusia dalam hal tidur, maka sesungguhnya terdapat satu hal kebiasaan salah yang cukup mendasar yang justru sekarang dilakukan oleh manusia generasi sekarang

Pada umumnya manusia jaman sekarang tidur memakai peralatan tidur seperti kasur, bantal dan guling. Ketiganya sangat mempengaruhi kondisi kebugaran maupun kesehatan seseorang secara menyeluruh. Salah satu perangkat tidur yang mestinya harus mendapatkan perhatian adalah bantal.

Pada saat manusia masih muda, tidur belum terlalu banyak menimbulkan masalah. Pada kondisi sangat melelahkan mereka langsung dapat tertidur dengan pulas. Saking nyenyaknya kadang-kadang suara gaduh pun tidak mereka dengar, sehingga mereka tetap terlelap tidur. Bahkan untuk membangunkannya kadang-kadang terpaksa digedor pintu kamarnya bila perlu disiram pakai air. Sungguh suatu kondisi tidur yang sangat begitu nyenyak. Bangun tidur pun badan menjadi segar dan bugar, penuh vitalitas tidak ada rasa pusing maupun kepala menjadi berat. Itulah gambaran kasar tidur dikala manusia masih berumur muda.

Akan tetapi dengan bertambahnya umur, mulai diatas umur 30 tahun manusia mulai mengeluh dengan berbagai gangguan seputar tidur. Sudah berusaha untuk untuk memejamkan mata tetapi masih kesulitan untuk tidur. Begitu sudah tertidur terdengar suara kucing atau hembusan angin malam langsung terbangun. Begitu tertidur lagi suka mimpi buruk, mengigau atau mengganggu teman tidurnya karena muncul kebiasaan yang tidak pernah disangka yaitu “ngorok”.

Merasa waktu tidur sudah cukup, tetapi begitu bangun kepala terasa pusing dan berat, tangan kesemutan, sesak napas, telinga berdenging, pundak leher dan bahu terasa kaku, telapak kaki sakit pada saat menginjak lantai maupun gangguan lain yang selama masa muda tidak pernah dialami.

Kondisi manusia modern saat ini, semakin lanjut umur seseorang, semakin mudah lupa, daya ingat menurun, sulit konsentrasi, bahkan tidak sedikit terkena gangguan tekanan darah tinggi sampai penyakit stroke atau kelumpuhan. Apakah semua gangguan tersebut ada kaitannya dengan cara tidur manusia sekarang?

Coba kita tengok dari kebiasaan generasi lanjut usia orang-orang china jaman dahulu. Mereka mampu hidup dengan umur diatas rata-rata 100 tahun tetapi tetap memiliki daya ingat, tingkat konsentrasi bahkan sedikit yang mengalami gejala lupa atau pikun. Mereka tetap sehat dan bugar secara fisik dan mental. Apa rahasia yang membuat mereka dapat hidup dengan kondisi seperti itu? Ternyata semua kondisi tersebut terkait dengan kebiasaan tidur mereka. Orang-orang china jaman dahulu sudah terbiasa dari kecil tidur beralaskan potongan kayu/balok yang sengaja ditaruh dibawah leher mereka untuk mengganjal ruas-ruas tulang leher mereka. Secara medis ternyata cara tidur seperti ini sangat ampuh menjaga kondisi ruas-ruas tulang leher tetap terjaga lurus, tidak merusak jaringan saraf-saraf dan mempertahankan kondisi aliran darah dari jantung ke otak atau sebaliknya tetap lancar. Dengan cara seperti ini mereka tetap fit dan bugar begitu bangun dari tidurnya. Sayang cara tidur seperti ini jarang atau bahkan sudah mulai banyak ditinggalkan oleh orang-orang modern sekarang ini.

Kalau diamati dari berbagai model bantal yang sering kita pakai saat ini adalah model-model bantal yang secara medis sebenarnya kurang memenuhi standar kesehatan bahkan cenderung membahayakan kesehatan. Tanpa disadari bantal-bantal model inilah yang tanpa banyak orang sadari melalui kebiasaan tidur bertahun-tahun sesungguhnya merupakan “biang kerok” atau sumber berbagai macam penyakit!

Bantal yang terlalu tinggi membuat posisi kepala menjadi tinggi. Akibatnya ruas-ruas tulang dan otot-otot leher tertarik keatas. Dipastikan terjadilah kondisi gangguan pada saraf-saraf seputar leher, gangguan pembuluh darau balik dan nadi pada lever yang menuju Otak dan Jantung atau sebaliknya, gangguan saluran pernapasan. Hal yang sama terjadi apabila bantal yang kita pakai terlalu pendek atau empuk. Akibat dari semua kondisi ini muncul gangguan saraf seperti telinga berdenging, ketegangan saraf mata, tangan terasa kesemutan, sulit bernapas, sering mengigau, mimpi buruk, tidur tidak nyenyak dan mudah terbangun, gangguan sirkulasi darah yang berakibat kurang pulihnya kondisi sel-sel otak, mempercepat proses pikun atau menurunnya daya ingat dan konsentrasi, pusing dan kepala terasa berat, kekakuan otot leher, bahu, pundak, sampai gangguan tekanan darah tinggi dan stroke atau kelumpuhan.

Posisi tidur yang tepat adalah seperti yang dilukiskan pada gambar diatas. Posisi ruas-ruas tulang leher pada saat tidur harus lurus sebagaimana posisi pada saat kita berdiri tegap. Baik dalam posisi tidur terlentang maupun tidur miring ruas-ruas tulang leher harus dipertahankan dalam kondisi lurus. Apabila ditarik garis lurus dari wajah dengan garis lurus horizontal maka akan membentuk sudut kurang lebih 5 derajat. Apabila anda melakukan hal ini dengan benar tentu didukung dengan “bentuk bantal” yang pas maka nampak ruas-ruas tulang leher anda akan tetap terjaga lurus sesuai dengan bentuk anatomis yang sesungguhnya.

Bentuk bantal yang pas saja masih belum cukup. Maka saat ini populer diperkenalkan bantal yang dilengkapi dengan kekuatan terapi misalnya magnet terapi dan sinar infra merah. Selama kita tidur, selain ruas-ruas tulang leher kita terjaga lurus, sekaligus kita mendapatkan terapi kesehatan yang sangat bermanfaat berupa terapi magnet dan sinar infra merah. Dengan diciptakan bantal terapi seperti ini akan membantu mengurangi dan menghilangkan berbagai gangguan dan penyakit yang terjadi akibat proses tidur yang salah yang berlangsung bertahun-tahun lamanya. Bagaimana anda mau mencoba dan merubah cara tidur anda menjadi lebih baik dan sehat kembali?


Semoga Bermanfaat !!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Jumat, 15 Juni 2012

Anda Mengalami Sulit Tidur - Insomnia??


Sulit Tidur
Kita semua pernah mengalami insomnia atau kesulitan tidur. Tetapi biasanya bersifat sementara. Gangguan ini menjadi masalah besar bila terjadi masalah besar bila terjadi setiap malam.

Setiap orang mempunyai kebutuhan waktu tidur yang berbeda. Sebagian orang cukup dengan hanya tidur selama 4-5 jam setiap malam sedang yang lain perlu paling tidak 8 jam. Insomnia bukan berarti berapa lama waktu tidur tetapi lebih mengarah pada kualitas tidur: seberapa jauh dapat beristirahat dengan tidur tsb.

Gejala-gejala
Sebagian orang sukar untuk mulai tidur dan sampai lama tidak bisa tidur lagi. Beberapa orang sering terbangun di malam hari dan karena itu menjadi ngantuk di siang hari.

Penyebab umum
  • Stres di rumah atau di tempat kerja.
  • Perubahan pola hidup seperti pindah ke rumah baru.
  • Lingkungan yang ramai dan tidak nyaman untuk tidur.
  • Penyakit yang menyebabkan nyeri, sesak nafas atau sering buang air kecil.
  • Pertambahan usia.
  • Cemas dan depresi.
Yang dapat anda lakukan
  • Kebiasaan tidur yang baik.
  • Jam tidur yang tidak rutin-usahakan untuk pergi tidur pada waktu yang sama setiap malam.
  • Pastikan tempat tidur nyaman dan suhu ruangan sesuai yang dikehendaki.
  • Jangan memikirkan masalah dan kegiatan sehari-hari.
  • Latihan ringan pada sore hari mungkin bisa membantu. Jangan melakukan latihan sebelum tidur.
Bila ternyata tidak bisa tidur.
  • Jangan hanya berbaring dan mencemaskannya.
  • Bangun dan baca buku atau dengarkan musik yang lembut atau minum susu hangat.
  • Kemudian kembali berbaring ditempat tidur.
Hindari
  • Makan terlalu banyak sebelum tidur.
  • Terlalu banyak minum kopi, rokok, alkohol pada jam tidur.
  • Kebiasaan tidur siang.
Tindakan dokter anda
Sebaiknya segera konsultasikan kedokter bila insomnia :
  • Berlangsung terus tiap malam.
  • Mulai mengganggu kerja atau aktifitas harian.
  • Dokter bisa membantu menemukan penyebab insomnia dan akan mengobati seperlunya. Jangan minum obat tidur tanpa nasihat dari dokter. Obat tersebut mungkin akan mengurangi sedikit keluhan tetapi penggunaan yang rutin dan jangan lama bisa menyebabkan ketagihan.
Kurang Tidur
Kurang Tidur Dapat Merusak Daya Ingat

KURANG tidur dapat merusak kesehatan dan daya ingat. Para ahli mengatakan tubuh kita perlu istirahat (tidur) sekitar 7-8 jam setiap malamnya. Waktu tidur yang tak terpenuhi ini dapat berakibat Anda mengantuk di siang harinya sehingga dapat mengganggu konsentrasi, kemampuan untuk mengambil keputusan, motivasi, dan daya ingat.

Selain itu, kurang tidur juga membuat daya tahan tubuh berkurang sehingga Anda gampang terserang demam, flu, dan infeksi lainnya. Hal ini terjadi karena pengeluaran insulin bagi orang yang kurang tidur menjadi lambat. Ini juga meningkatkan risiko kegemukan dan diabetes. Selain itu, tekanan darah juga jadi meningkat.

Berikut ini ada tujuh tips yang dapat menjadi solusi bagi Anda yang bermasalah dengan tidur.
1.      Kesibukan : Bagi orang yang supersibuk di waktu siang, tidur adalah kebutuhan utamanya, jelas Thomas Roth, PhD, ketua Pusat Penelitian Tidur Bermasalah di Detroid. Solusinya: Rencanakan jadwal tidur sebagaimana Anda menjadwalkan kegiatan lainnya.
2.      Perubahan Hormon: Insomnia meningkat pada wanita usia 44-55 tahun, kata Joyce Walsleben, PhD, direktur Pusat Tidur Bermasalah di Fakultas Kesehatan, Universitas New York. Hal itu karena berkurangnya hormon estrogen dan progesterone di dalam tubuh. Dan, masalah itu bertambah parah oleh kondisi menopause. Sebanyak 40% wanita pascamenopause mengalami kesulitan tidur. Solusinya: Stabilkan keseimbangan hormon Anda. Konsumsi pil KB dapat membantu bagi yang belum menopause, sedangkan bagi yang sudah sebaiknya melakukan terapi penggantian hormon HRT).
3.      Cemas: Orang sering memikirkan masalah rumit di tempat tidur, seperti masalah utang yang belum dibayar. Ingat, kekhawatiran dapat memperburuk situasi. Solusinya: Buatlah sebuah buku yang berisi kekhawatiran Anda. Dan, kemudian simpan buku itu. Jika Anda terjaga, katakan kepada diri Anda, "Saya sudah menggunakan waktu untuk mengkhawatirkan hal itu." Hal itu dapat berlangsung selama 1-2 pekan, tapi Anda harus mampu meyakinkan diri sendiri.
4.      Perubahan Hidup: "Setiap perubahan dapat menyebabkan insomnia (susah tidur), seperti pindah ke kota lain, berpisah dari anak, bercerai, dan sebagainya," kata Frisca Yan-Go, MD, direktur Pusat Tidur Bermasalah Los Angeles di Santa Monica, seperti dikutip Good Housekeeping. Solusinya: Susah tidur pada saat bermasalah cukup wajar jika terjadi satu-dua hari, tapi jika sudah mencapai insomnia kronis segeralah hubungi dokter. 
5.   Lingkungan: Jika Anda menghadapkan kamar tidur ke arah pusat keramaian atau perkantoran, berarti Anda mencari masalah tidur. Solusinya: Tutup rumah Anda dengan tirai. Singkirkan barang-barang yang mengganggu seperti catatan jadwal pekerjaan Anda dan sebagainya. Gelapkan ruangan dan tutup tirai agar cahaya dari luar tidak masuk. Jika suara berisik masuk ke ruangan tidur Anda, usahakan untuk tidak marah dan kesal karena hal itu semakin membuat Anda sulit tidur.
6.      Kebiasaan Buruk: Minum alkohol dalam jumlah yang banyak membuat Anda terjaga karena akan lebih sering ke toilet. Selain itu alkohol juga membuat jantung Anda berdetak lebih kencang dan membuat Anda lebih banyak bergerak secara spontan sehingga akan mengganggu tidur. Merokok juga dapat menyebabkan Anda sulit tidur karena nikotin dalam rokok memicu pelepasan adrenalin-hormon yang membuat Anda terus terjaga. Konsumsi kafein juga membuat Anda sulit tidur. Solusinya: Batasi alkohol. Dan, jika minum kopi, kola, ataupun tart cokelat, lakukanlah jauh sebelum larut malam. Tubuh butuh tujuh jam untuk mengeluarkan kafein dari sistem peredaran darah. Jangan merokok, dan jika Anda mengonsumsi permen karet nikotin untuk membantu berhenti merokok, jangan mengunyahnya setelah pukul tiga siang.
7.      Anak Kecil: Dengan memiliki anak kecil, para ibu harus terbiasa dengan tidur yang terganggu. Para ibu harus membiasakan diri tidur jika ada kesempatan untuk itu. Solusinya: "Pada bulan-bulan pertama usia bayi Anda, usahakan ikut tidur ketika ia tidur," nasihat Timothy Roekrs, PhD, direktur Pusat Penelitian Tidur Bermasalah pada Sistem Kesehatan Henry Ford. Dan, jika punya anak lainnya yang lebih besar carikan orang untuk menjaganya sementara Anda beristirahat.

Tetapi, batasi tidur Anda itu hanya selama 30 hingga 90 menit saja agar Anda tidak sulit tidur di malam hari. Secepatnya usahakan tidur anak Anda teratur. Selanjutnya biasakanlah hal itu.
Dan, ingat masa-masa itu akan berakhir.
  
Tips Tidur
Akhir-akhir ini, semakin orang menyadari pentingnya arti kualitas tidur. Kualitas tidur merupakan kebutuhan mutlak terutama bagi para pekerja keras seperti eksekutif atau profesional. Kebutuhan tersebut sama pentingnya dengan makanan bergizi dan olah raga. Bahkan lebih dari pada itu, kualitas pola tidur sehat adalah sumber kesegaran, daya konsentrasi, tenaga dan vitalitas yang membuat kita mampu untuk mengoptimalkan produktivitas dan prestasi kerja”

1. Disiplin Keteraturan Dan Keseimbangan
Cara terbaik menikmati istirahat malam adalah dengan selalu tidur pada waktunya. Jika tidur terlalu pagi dan bangun keesokan harinya, maka Anda akan mengalamni semacam gangguan yang biasanya dinamakan "jet lag". Seperti halnya orang yang baru pulang dari bepergian menggunakan pesawat udara dari negara dengan perbedaan waktu yang banyak. Agar "jam biologis" tubuh anda tetap, bangunlah pada waktu yang kurang lebih sama, tidak peduli apakah anda merasa cukup tidur atau tidak.

Usahakan untuk menjaga keteraturan dalam berangkat maupun bangun tidur baik pada hari-hari kerja, maupun hari-hari libur. Seandainya anda tidak tidur pada hari Sabtu malam tetapi baru tidur kemudian menjelang Minggu pagi, maka anda akan mengalami yang dinamakan "Insomnia Minggu Malam", dan yang terjadi adalah anda akan merasa demikian sulit memejamkan mata pada Senin dini hari, atau keesokan harinya - semakin dicoba, bahkan semakin sulit. Kalaupun hal ini terjadi misalnya anda harus bepergian jauh, maka satu-satunya jalan adalah mencari kemungkinan untuk anda "menebus"nya, sesudah itu kembalilah pada konsep keteraturan. Berangkat maupun bangun tidur sesuai jadwal yang telah anda tentukan sebelumnya dan makan seperti yang biasa anda lakukan.

2. Olah Raga Secara Teratur
Olah raga yang cukup dan teratur merupakan obat mujarab untuk menetralisir ketegangan yang anda alami baik ketegangan fisik maupun pikiran. Hal ini sedikit banyak akan membantu meningkatkan kualitas tidur anda. Biasanya orang yang berbadan bugar jauh lebih dapat menikmati tidur ketimbang mereka yang jarang berolah raga. Ini bukan berarti anda harus berolah raga sedemikian rupa sampai anda merasa kelelahan, cukup misalnya berjalan kaki selama 20 sampai 30 menit. Cara lain adalah dengan berenang atau bersepeda sedikitnya tiga kali dalam seminggu - paling tidak untuk menjaga kelancaran peredaran darah di jantung harus menjadi bagian dari aktivitas anda. Jangan terlambat berolah raga. Bila ada urusan-urusan yang harus diselesaikan, sebaiknya gunakan waktu pada petang hari untuk menyelesalkan segala macam urusan anda setelah anda selesai berolah raga. Waktu yang ideal untuk berolahraga adalah pagi atau sore hari atau maksimum menjelang petang.

3. Kurangi Zat Perangsang
Orang-orang Amerika Utara cenderung mengkonsumsi kopi sampai dengan 400 juta gelas sehari. Belum lagi ekstra kafein dari teh, minuman cola, dan coklat. Kalau anda adalah seorang peminum kopi, sebaiknya anda minum kopi enam atau delapan jam sebelum waktu anda tidur. Biasanya efek rangsangan dari kafein akan bekerja sedikitnya dua sampai empat jam kemudian. Minum kopi pada petang hari bagi kebanyakan orang biasanya akan membuatnya sulit memejamkan mata saat berangkat tidur.

Kafein bukanlah satu-satunya pengganggu tidur anda. Tirosin, zat yang biasanya ditemukan pada coklat seringkali akan membuat jantung anda senantiasa berdebar-debar pada malam hari. Pil-pil untuk diet biasanya juga mengandung perangsang yang membuat anda sulit memejan-ikan mata. Ada jenis obat-obatan tertentu yang interaksinya juga terkadang berpengaruh pada pola tidur anda. Jika anda terpaksa harus minum obat-obat tertentu, mintalah petunjuk dokter apa dampaknya pada pola tidur anda

4. Ciptakan Suasana Baik Dan Ritualisme Dalam Tidur
Jaga kelembaban atau suhu udara di kamar tidur anda sehingga anda merasa cukup nyaman. Ciptakan kondisi ruang tidur anda sedemikian rupa sehingga cukup memungkinkan untuk disinari oleh cahaya matahari.

Sebelum berangkat tidur, sebaiknya anda menjauhkan diri dari hal-hal yang dapat mengganggu pikiran anda. Seperti halnya anak-anak yang begitu mudah "berpindah alam" dengan melakukan aktivitas yang dilakukannya berulang-ulang seperti berdoa atau membaca buku cerita menjelang tidur, demikian juga orang dewasa.

Ritualisme dapat diaplikasikan dengan berbagai variasi misalnya meregangkan otot-otot, atau membasuh badan dengan air hangat. Atau Barangkali anda dapat pula mendengarkan musik lembut sambil membaca bacaan ringan. Jangan lupa juga untuk menyesuaikan cahaya atau penerangan dalam ruang tidur anda.

5. Jangan Merokok Menjelang Tidur
Nikotin sesungguhnya adalah zat yang memberi pengaruh lebih kuat ketimbang kafein. Dari beberapa studi yang dilakukan, perokok berat seringkali mengalami gangguan tidur. Hal ini disebabkan pengaruh nikotin. Mereka yang rata-rata menghabiskan dua bungkus rokok setiap harinya hanya akan menikmati separuh dari waktu tidurnya dengan terjaga. Sebaliknya hasil studi lain menunjukkan mereka yang telah berhenti merokok, secara secara dramatis mengalami perubahan pola tidur yang lebih baik.

6. Jangan mengkonsumsi Alkohol Berlebihan
Alkohol konon adalah alat bantu tidur yang ampuh. Hal ini mungkin benar, akan tetapi yang perlu anda ketahui adalah bahwa kualitas tidur yang diperoleh tidaklah seperti yang diharapkan. Anda hanya akan menikmati tidur yang semu karena pada saat anda bangun anda akan merasa sedemikian lelah. Malahan, bagi kebanyakan orang yang "berpenyakit" sulit tidur, terlalu banyak minum alkohol terkadang membuatnya sering terjaga pada malam hari.

7. Utamakan Kualitas, Bukan Kuantitas
Pernahkah anda merasakan atau membayangkan menikmati tidur "hanya" beberapa jam dengan baik tetapi dapat membuat anda merasa seperti tidur berjam-jam, sehingga pada saat anda bangun, anda bahkan tampak lebih bugar ketimbang mereka yang tidur berjam-jam tetapi dengan tidak memkmatinya. Manfaat lain bila anda mengutamakan kualitas tidur, tentunya anda akan mempunyai jam-jam ekstra untuk melakukan berbagai kegiatan.

"Pada umumnya, orang dewasa yang sering terkantuk kantuk pada siang hari, bukan menderita penyakit fisik maupun psikis, tetapi faktor penyebabnya justru biasanya adalah karena tidak dapat menikmati tidurnya dengan baik, walaupun memiliki jam tidur yang normal". Demikian Menurut Dr. Sonia Ancoli-Israel, Director of The Sleep Disorders Clinic, The San Diego Veterans Affairs Medical Center. Memang, setiap orang mempunyai pola tidur yang berbeda-beda. Apabila orang lain membutuhkan delapan jam tidur, sementara anda hanya membutuhkan lima jam, janganlah kemudian menduga bahwa anda mengalami insomnia. Hal tersebut adalah wajar. Yang perlu anda ketahui, kasur atau tempat tidur adalah salah satu faktor dominan dalam menentukan kualitas tidur

8. Buat Rencana Kerja Sebelum Tidur
Satu hal yang perlu anda lakukan menjelang tidur adalah pikirkan rencana-rencana apa saja yang sekiranya akan anda lakukan esok hari. Buatlah daftar sehingga memudahkan anda untuk mengingat kembali. Catatlah hal-hal yang membuat anda menjadi ragu atau khawatir dan langsung tuliskan beberapa kemungkinan atau alternatif pemecahannya. Apabila ada hal-hal yang membuat anda menjadi gusar, jangan sampai terbawa tidur, katakan kepada diri anda sendiri bahwa anda akan menyelesaikannya keesokan harinya.

9. Jangan Berangkat Tidur dalam Keadaan Lapar Atau Kekenyangan
Santap malam yang berlebihan biasanya akan memacu anda untuk terus bekerja, sehingga tanpa terasa waktu berjalan terus dan akhirnya anda mulai merasa lelah dan mengantuk, anda akan tertidur. Tetapi anda tertidur karena kelelahan dan bukan pada jam atau waktu anda tidur. Situasi yang demikian harus anda hindari. Hindari juga kacang-kacangan atau buah-buahan yang mengandung gas seperti durian. Hindari pula makanan-makanan kecil yang kandungan lemaknya cukup tinggi, karena membutuhkan waktu lebih lama untuk dicerna.

Bila anda sedang diet, jangan pergi tidur dalam keadaan lapar. Perut yang keroncongan justru akan menyulitkan anda untuk memejamkan mata. Untuk mengatasinya, makanlah atau lebih baik buah-buahan yang rendah kalori seperti pisang atau apel.

10. Gunakan Hanya Kasur Yang Ideal
lbarat olah raga seluncur es. Bila ingin berseluncur es dengan baik, anda tentu membutuhkan papan seluncur yang baik. Bila anda ingin tidur dengan baik, mutlak untuk anda menggunakan tempat tidur atau kasur yang baik pula. Di Indonesia, pada umumnya ada beberapa jenis kasur.

Pertama adalah kasur kapuk, kedua adalah kasur busa poliuretan (sponge). Ketiga adalah kasur pegas dan yang terakhir adalah yang disebut dengan kasur lateks. Bila kasur kapuk menggunakan buah pohon randu sebagai bahan bakunya. kasur busa poliuretan (sponge) menggunakan busa kimiawi yang dinamakan "poliuretan", kasur pegas menggunakan perpaduan pegas dan poliuretan (sponge), maka kasur lateks menggunakan bahan baku alam berupa cairan lateks .(bahan dasar pembuat karet) yang diolah sedemikian rupa menyerupai busa dan memiliki berjuta rongga-rongga udara yang berfungsi untuk kesempurnaan sirkulasi udara.

Seperti halnya penggunaan kasur lateks di negara-negara di daratan Eropa maupun Amerika yang sudah sedemikian memasyarakat, di Indonesia juga sudah banyak orang Yang mengenal dan mengerti arti pentingnya manfaat kasur lateks dalam meningkatkan kualitas tidur mereka

Satu lagi saat ini mereka yang sadar dengan pentingnya kualitas tidur hubungannya dengan kesehatan mereka, maka mulai banyak orang menggunakan berbagai macam jenis kasur terapi.
 
Tidur Sehat
Tidur merupakan salah satu bentuk istirahat terbaik yang dilakukan manusia untuk memulihkan kondisi kesehatan tubuhnya dari rasa letih dan capek akibat segala aktifitas yang dilakukannya. Bayangkan seandainya berhari-hari manusia dipaksa bekerja secara terus menerus tanpa sedetikpun beristirahat tidur, dipastikan manusia akan jatuh sakit dan lama-kelamaan akan mati.

Terlepas berapa lama dan peralatan apa yang dipakai manusia selama tidur, semua orang sepakat dan tidak menyangkal bahwa tidur merupakan salah satu kebutuhan mutlak semua orang agar dapat melangsungkan kehidupannya. Tetapi banyak orang yang luput memperhatikan bahwa sesungguhnya banyak gangguan penyakit yang terjadi akibat proses tidur yang dilakukan oleh seseorang. Proses manusia tidur berlangsung bertahun-tahun, dan kalau diperhatikan hampir 1/3 umur manusia dihabiskan untuk tidur. Artinya kalau anda sekarang telah berumur 60 tahun, maka hampir 20 tahun lamanya anda habiskan waktu hidup anda untuk tidur!

Adalah sangat menarik melihat variasi lama manusia tidur maupun perangkat yang dipakai manusia selama tidur. Kalau diperhatikan peradaban manusia dalam hal tidur, maka sesungguhnya terdapat satu hal kebiasaan salah yang cukup mendasar yang justru sekarang dilakukan oleh manusia generasi sekarang

Pada umumnya manusia jaman sekarang tidur memakai peralatan tidur seperti kasur, bantal dan guling. Ketiganya sangat mempengaruhi kondisi kebugaran maupun kesehatan seseorang secara menyeluruh. Salah satu perangkat tidur yang mestinya harus mendapatkan perhatian adalah bantal.

Pada saat manusia masih muda, tidur belum terlalu banyak menimbulkan masalah. Pada kondisi sangat melelahkan mereka langsung dapat tertidur dengan pulas. Saking nyenyaknya kadang-kadang suara gaduh pun tidak mereka dengar, sehingga mereka tetap terlelap tidur. Bahkan untuk membangunkannya kadang-kadang terpaksa digedor pintu kamarnya bila perlu disiram pakai air. Sungguh suatu kondisi tidur yang sangat begitu nyenyak. Bangun tidur pun badan menjadi segar dan bugar, penuh vitalitas tidak ada rasa pusing maupun kepala menjadi berat. Itulah gambaran kasar tidur dikala manusia masih berumur muda.

Akan tetapi dengan bertambahnya umur, mulai diatas umur 30 tahun manusia mulai mengeluh dengan berbagai gangguan seputar tidur. Sudah berusaha untuk untuk memejamkan mata tetapi masih kesulitan untuk tidur. Begitu sudah tertidur terdengar suara kucing atau hembusan angin malam langsung terbangun. Begitu tertidur lagi suka mimpi buruk, mengigau atau mengganggu teman tidurnya karena muncul kebiasaan yang tidak pernah disangka yaitu “ngorok”.

Merasa waktu tidur sudah cukup, tetapi begitu bangun kepala terasa pusing dan berat, tangan kesemutan, sesak napas, telinga berdenging, pundak leher dan bahu terasa kaku, telapak kaki sakit pada saat menginjak lantai maupun gangguan lain yang selama masa muda tidak pernah dialami.

Kondisi manusia modern saat ini, semakin lanjut umur seseorang, semakin mudah lupa, daya ingat menurun, sulit konsentrasi, bahkan tidak sedikit terkena gangguan tekanan darah tinggi sampai penyakit stroke atau kelumpuhan. Apakah semua gangguan tersebut ada kaitannya dengan cara tidur manusia sekarang?

Coba kita tengok dari kebiasaan generasi lanjut usia orang-orang china jaman dahulu. Mereka mampu hidup dengan umur diatas rata-rata 100 tahun tetapi tetap memiliki daya ingat, tingkat konsentrasi bahkan sedikit yang mengalami gejala lupa atau pikun. Mereka tetap sehat dan bugar secara fisik dan mental. Apa rahasia yang membuat mereka dapat hidup dengan kondisi seperti itu? Ternyata semua kondisi tersebut terkait dengan kebiasaan tidur mereka. Orang-orang china jaman dahulu sudah terbiasa dari kecil tidur beralaskan potongan kayu/balok yang sengaja ditaruh dibawah leher mereka untuk mengganjal ruas-ruas tulang leher mereka. Secara medis ternyata cara tidur seperti ini sangat ampuh menjaga kondisi ruas-ruas tulang leher tetap terjaga lurus, tidak merusak jaringan saraf-saraf dan mempertahankan kondisi aliran darah dari jantung ke otak atau sebaliknya tetap lancar. Dengan cara seperti ini mereka tetap fit dan bugar begitu bangun dari tidurnya. Sayang cara tidur seperti ini jarang atau bahkan sudah mulai banyak ditinggalkan oleh orang-orang modern sekarang ini.

Kalau diamati dari berbagai model bantal yang sering kita pakai saat ini adalah model-model bantal yang secara medis sebenarnya kurang memenuhi standar kesehatan bahkan cenderung membahayakan kesehatan. Tanpa disadari bantal-bantal model inilah yang tanpa banyak orang sadari melalui kebiasaan tidur bertahun-tahun sesungguhnya merupakan “biang kerok” atau sumber berbagai macam penyakit!

Bantal yang terlalu tinggi membuat posisi kepala menjadi tinggi. Akibatnya ruas-ruas tulang dan otot-otot leher tertarik keatas. Dipastikan terjadilah kondisi gangguan pada saraf-saraf seputar leher, gangguan pembuluh darau balik dan nadi pada lever yang menuju Otak dan Jantung atau sebaliknya, gangguan saluran pernapasan. Hal yang sama terjadi apabila bantal yang kita pakai terlalu pendek atau empuk. Akibat dari semua kondisi ini muncul gangguan saraf seperti telinga berdenging, ketegangan saraf mata, tangan terasa kesemutan, sulit bernapas, sering mengigau, mimpi buruk, tidur tidak nyenyak dan mudah terbangun, gangguan sirkulasi darah yang berakibat kurang pulihnya kondisi sel-sel otak, mempercepat proses pikun atau menurunnya daya ingat dan konsentrasi, pusing dan kepala terasa berat, kekakuan otot leher, bahu, pundak, sampai gangguan tekanan darah tinggi dan stroke atau kelumpuhan.

Posisi tidur yang tepat adalah seperti yang dilukiskan pada gambar diatas. Posisi ruas-ruas tulang leher pada saat tidur harus lurus sebagaimana posisi pada saat kita berdiri tegap. Baik dalam posisi tidur terlentang maupun tidur miring ruas-ruas tulang leher harus dipertahankan dalam kondisi lurus. Apabila ditarik garis lurus dari wajah dengan garis lurus horizontal maka akan membentuk sudut kurang lebih 5 derajat. Apabila anda melakukan hal ini dengan benar tentu didukung dengan “bentuk bantal” yang pas maka nampak ruas-ruas tulang leher anda akan tetap terjaga lurus sesuai dengan bentuk anatomis yang sesungguhnya.

Bentuk bantal yang pas saja masih belum cukup. Maka saat ini populer diperkenalkan bantal yang dilengkapi dengan kekuatan terapi misalnya magnet terapi dan sinar infra merah. Selama kita tidur, selain ruas-ruas tulang leher kita terjaga lurus, sekaligus kita mendapatkan terapi kesehatan yang sangat bermanfaat berupa terapi magnet dan sinar infra merah. Dengan diciptakan bantal terapi seperti ini akan membantu mengurangi dan menghilangkan berbagai gangguan dan penyakit yang terjadi akibat proses tidur yang salah yang berlangsung bertahun-tahun lamanya. Bagaimana anda mau mencoba dan merubah cara tidur anda menjadi lebih baik dan sehat kembali?


Semoga Bermanfaat !!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar