Jumat, 01 Juni 2012

5 Steps in customer Life Cicle

Banyak diantara kita sebagai pemasar, sangat jago dalam akusisi atau mendapatkan pelanggan baru. Tentu dengan networking yang kita miliki, dengan promosi yang gencar, brand produk yang sudah dikenal kuat di pasar, tools yang disiapkan dengan baik, sehingga semua itu menambah kesuksesan kita dalam menjual. Tapi apakah semua dari kita jago juga dalam melakukan retensi?? Tidak jarang dari kita yang lalai atau bahkan tidak memiliki program retensi yang memadai. 


Salah satu management yang bisa diterapkan untuk melakukan akuisisi dan retensi secara optimal adalah Customer Relationship Management (CRM).


Dalam managemen hubungan pelanggan, satu hal yang membuat aktivitas itu sukses adalah data.... Bagaimana kita membian hubungan dengan baik kalau kita tidak memiliki data yang memadai tentang mereka (customer)... 


Agar kegiatan CRM berjalan dengan baik, lakukan 5 langkah ini :
1. Identifikasi
2. Uderstanding
3. Caring
4. Selling
5. Relationship


Identifikasi adalah satu kegiatan untuk mendapatkan data indentitas mereka, nama, alamat, nomer telpon, tanggal lahir, dan bio data yang lainnya. Masukkan seluruh data tersebut ke dalam database yang sudah Anda design sedemikian rupa sehingga memudahkan penggunaannya.


Understanding adalah lanjutan dari kegiatan identifikasi. Mengenal gaya hidup mereka, produk-produk yang selama ini mereka gunakan, pola makan, dan hal-hal lain yang bersifat spesifik. Cara komunikasi seperti apa yang mereka sukai, dan lainnya


Pertanyaannya adalah bagaimana kita bisa mendapatkan data-data tersebut?? Bagi anda yang bergerak dibidang pembiayaan atau perbankan, data ini dengan mudah didapat, karena posisi Anda lebih kuat dibanding customer, sehingga dengan mudah mereka mengisi biodata. Bagi anda yang menjalankan bisnis kesehatanpun juga memiliki kemudahan yang sama untuk medapatkan data-data tersebut. Bagi orang yang ingin mendapatkan pinjaman dari bank atau mendapatkan pembiayaan kendaraan, maka pada saat harus mengisi biodata mereka akan dengan mudah mengisi seluruh kolom yang kita sediakan. 


Caring. Dengan database yang anda miliki, banyak program caring yang Anda bisa lakukan sesuai dengan kebutuhan customer tersebut. Jangan kawatir soal penjualan, karena hal itu akan mengikuti.


Selling. Program promo bisa customize sesuai dengan profil customer anda. dengan program yang sesuai, maka tingkat keberhasilan program anda akan lebih tinggi dibandingkan bila kita membuat program yang sifatnya masal


Relationship. Lakukan kegiatan retensi bagi customer yang sudah menggunakan produk anda. Mengingat di depan Anda sudah melakukan identifikasi dan understanding dengan baik, maka kegiatan menjaga hubungan dapat anda lakukan dengan benar. Ada yang sekedar di-SMS, ada yang dikirimkan flier, ada yang dikunjungi, ada yang diundang di event... semua disesuaikan dengan profil


Selamat berjuang!!!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Jumat, 01 Juni 2012

5 Steps in customer Life Cicle

Banyak diantara kita sebagai pemasar, sangat jago dalam akusisi atau mendapatkan pelanggan baru. Tentu dengan networking yang kita miliki, dengan promosi yang gencar, brand produk yang sudah dikenal kuat di pasar, tools yang disiapkan dengan baik, sehingga semua itu menambah kesuksesan kita dalam menjual. Tapi apakah semua dari kita jago juga dalam melakukan retensi?? Tidak jarang dari kita yang lalai atau bahkan tidak memiliki program retensi yang memadai. 


Salah satu management yang bisa diterapkan untuk melakukan akuisisi dan retensi secara optimal adalah Customer Relationship Management (CRM).


Dalam managemen hubungan pelanggan, satu hal yang membuat aktivitas itu sukses adalah data.... Bagaimana kita membian hubungan dengan baik kalau kita tidak memiliki data yang memadai tentang mereka (customer)... 


Agar kegiatan CRM berjalan dengan baik, lakukan 5 langkah ini :
1. Identifikasi
2. Uderstanding
3. Caring
4. Selling
5. Relationship


Identifikasi adalah satu kegiatan untuk mendapatkan data indentitas mereka, nama, alamat, nomer telpon, tanggal lahir, dan bio data yang lainnya. Masukkan seluruh data tersebut ke dalam database yang sudah Anda design sedemikian rupa sehingga memudahkan penggunaannya.


Understanding adalah lanjutan dari kegiatan identifikasi. Mengenal gaya hidup mereka, produk-produk yang selama ini mereka gunakan, pola makan, dan hal-hal lain yang bersifat spesifik. Cara komunikasi seperti apa yang mereka sukai, dan lainnya


Pertanyaannya adalah bagaimana kita bisa mendapatkan data-data tersebut?? Bagi anda yang bergerak dibidang pembiayaan atau perbankan, data ini dengan mudah didapat, karena posisi Anda lebih kuat dibanding customer, sehingga dengan mudah mereka mengisi biodata. Bagi anda yang menjalankan bisnis kesehatanpun juga memiliki kemudahan yang sama untuk medapatkan data-data tersebut. Bagi orang yang ingin mendapatkan pinjaman dari bank atau mendapatkan pembiayaan kendaraan, maka pada saat harus mengisi biodata mereka akan dengan mudah mengisi seluruh kolom yang kita sediakan. 


Caring. Dengan database yang anda miliki, banyak program caring yang Anda bisa lakukan sesuai dengan kebutuhan customer tersebut. Jangan kawatir soal penjualan, karena hal itu akan mengikuti.


Selling. Program promo bisa customize sesuai dengan profil customer anda. dengan program yang sesuai, maka tingkat keberhasilan program anda akan lebih tinggi dibandingkan bila kita membuat program yang sifatnya masal


Relationship. Lakukan kegiatan retensi bagi customer yang sudah menggunakan produk anda. Mengingat di depan Anda sudah melakukan identifikasi dan understanding dengan baik, maka kegiatan menjaga hubungan dapat anda lakukan dengan benar. Ada yang sekedar di-SMS, ada yang dikirimkan flier, ada yang dikunjungi, ada yang diundang di event... semua disesuaikan dengan profil


Selamat berjuang!!!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar