Senin, 25 Juni 2012

Teori Pemasaran Sederhana

 1.    Customer invitation
Maksudnya segala sesuatu yang kita lakukan untuk meraih perhatian dan mengundang konsumen untuk tertarik dan selanjutnya mencoba produk atau service kita. Banyak hal yang bisa dilakukan, mulai dengan iklan, pr, sampling, event atau apapun untuk mereka mau nyoba produk atau servis kita. Tidak sekedar untuk mendapatkan awareness, namun bagaimana upaya kita agar calon customer sampai mencoba produk atau layanan kita

2.    Customer Satisfaction
Banyak dari kita yang menganggap ringan soal ini, karena mereka bisa jadi menganut teori, bahwa kepuasan customer tidak berbanding lurus dengan loyalitas, alias customer yang puas tidak serta merta loyal terhadap produk atau layanan kita. faktanya memang demikian, dari banyak penelitian menyebutkan bahwa lebih dari 85% pelanggan yang ganti produk mereka puas terhadap produk atau layanan sebelumnya. Yuup.... customer puas tidak menjamin mereka loyal, tapi customer yang un-satisfy dijamin kabuuuur. TAPI harus diingat juga bahwa ada fakta kalau ada pelanggan kita yang puas, paling banyak dia cuma cerita ke 3 orang soal kita tapi konsumen yang nggak puas paling sedikit dia cerita ke 10 orang .... nah trs gimana caranya biar kita tau konsumen kita puas atau nggak ... ada caranya :
- Ask them
Nah loe bisa bikin riset atau nanya langsung aja ke mereka ... tapi masalahnya konsumen nggak selalu kasih jawaban yang benar ... bisa karena mereka nggak enak hati ngomong ke kita, mereka nggak punya waktu buat bener2 ngejawab kita, atau malah nggak ngerti pertanyaan kita ... jadi yah kalopun loe mau riset atau nanya, pastiin jawaban yg loe dapet valid ...
- Fake customer
Anda bisa pura2 jadi konsumen buat ngerasain sendiri perasaan konsumen... loe bisa liat langsung gimana org di lapangan ngelayanin konsumen loe atau yah rasain sendiri produk loe ... tapi jelas susah yah ngeliat kekurangan sendiri ... pasti nggak netral ... yah udah bayar org or kirim org buat pura2 jadi konsumen atau pelanggan loe ... kasih dia list penilaian yang loe mau tau ... jadi dia sembari nyoba sembari ngasih penilaian ...
- Media review
Baca surat pembaca di media2 ... begitu ada keluhan masuk, bales secepatnya keluhan itu dan selesaikan masalah tersebut melalui media itu juga ... kalo hub loe baik sama media itu loe malah bisa tau identitas mereka dan bisa menjalin hubungan baik dengan pelanggan atau konsumen loe untuk menebus sakit hati mereka ... kalo hub loe baik banget sama media itu jack, kalo ada konsumen atau pelanggan pesaing yang nggak puas, loe bisa kirim langsung ke alamat mereka surat betapa loe prihatin akan keadaan itu and bilang klo produk dan pelayanan loe lebih baik loh hehehehehehe.
Media review juga bisa jadi bahan penilaian produk loe bagus atau nggak ... banyak media yg masih jujur kok jadi klo emang produk atau pelayanan loe bagus mereka muji kalo jelek yah mereka cela :D ... tapi buat yg nyela khan loe jadi tau jangan masang iklan dimana ... nggak ada yg lebih tolol dari masang iklan di media yang menghajar kita. Udah tau itu media sering ngebahas cara berhenti ngerokok eh malah pasang iklan rokok di sana .... itu bego banget :))

3.    Customer Relationship
Pemasar yang memikirkan pelanggan atau konsumen lah yang mengikuti perkembangan mereka itu pemasar yang bodoh ... pemasar yang menolak untuk menjalin hubungan dengan pelanggan atau konsumen untuk tau perkembangan orientasi hidup mereka berarti pemasar amatiran ... product recycle itu tujuannya apa sih kalo bukan mengikuti perkembangan jaman khususnya perkembangan konsumen ... produk loe mungkin paling hip sekarang tapi 5 tahun lagi apa masih bisa bilang gitu ??? ... customer relationship ada banyak caranya
      - community marketing
      - hotline service
      - pr/ humas
      jangan anggep remeh jack karena kalo loe bisa bangun hub yg baik loe malah bisa ngebaca jalannya pesaing lewat customer relationship, bisa tau perkembangan konsumen, bisa jd kendaraan promosi atau markom, dll deh ... asli ini alat yg canggih banget buat pemasaran loe

4.     Customer loyalty
Customer loyalty artinya repurchasing alias pembelian ulang dan ini artinya mengikat konsumen biar nggak gampang pindah ke pesaing ... banyak cara buat menjalin kesetiaan konsumen bisa dgn bikin member card, after sales service yg baik, dan total quality management yg bagus ... jadi banyak kok cara menjalin kesetiaan konsumen ...

5.    Customer Cult
Luar biasa banget kalau bisa tahap ini ... kalo konsumen sudah sangat setia dia bisa mengkultuskan produk atau jasa kita, mereka bahkan bisa mereferensikan produk kita ke org lain atau mempromosikan produk kita ke org lain ... contoh produk yang dikultuskan itu yah kayak harley davidson, apple, dll ... mau tau gimana ??? wah panjang banget klo ini ... ntr aja jack g sambung klo sempet


Sumber : milis marketing

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Senin, 25 Juni 2012

Teori Pemasaran Sederhana

 1.    Customer invitation
Maksudnya segala sesuatu yang kita lakukan untuk meraih perhatian dan mengundang konsumen untuk tertarik dan selanjutnya mencoba produk atau service kita. Banyak hal yang bisa dilakukan, mulai dengan iklan, pr, sampling, event atau apapun untuk mereka mau nyoba produk atau servis kita. Tidak sekedar untuk mendapatkan awareness, namun bagaimana upaya kita agar calon customer sampai mencoba produk atau layanan kita

2.    Customer Satisfaction
Banyak dari kita yang menganggap ringan soal ini, karena mereka bisa jadi menganut teori, bahwa kepuasan customer tidak berbanding lurus dengan loyalitas, alias customer yang puas tidak serta merta loyal terhadap produk atau layanan kita. faktanya memang demikian, dari banyak penelitian menyebutkan bahwa lebih dari 85% pelanggan yang ganti produk mereka puas terhadap produk atau layanan sebelumnya. Yuup.... customer puas tidak menjamin mereka loyal, tapi customer yang un-satisfy dijamin kabuuuur. TAPI harus diingat juga bahwa ada fakta kalau ada pelanggan kita yang puas, paling banyak dia cuma cerita ke 3 orang soal kita tapi konsumen yang nggak puas paling sedikit dia cerita ke 10 orang .... nah trs gimana caranya biar kita tau konsumen kita puas atau nggak ... ada caranya :
- Ask them
Nah loe bisa bikin riset atau nanya langsung aja ke mereka ... tapi masalahnya konsumen nggak selalu kasih jawaban yang benar ... bisa karena mereka nggak enak hati ngomong ke kita, mereka nggak punya waktu buat bener2 ngejawab kita, atau malah nggak ngerti pertanyaan kita ... jadi yah kalopun loe mau riset atau nanya, pastiin jawaban yg loe dapet valid ...
- Fake customer
Anda bisa pura2 jadi konsumen buat ngerasain sendiri perasaan konsumen... loe bisa liat langsung gimana org di lapangan ngelayanin konsumen loe atau yah rasain sendiri produk loe ... tapi jelas susah yah ngeliat kekurangan sendiri ... pasti nggak netral ... yah udah bayar org or kirim org buat pura2 jadi konsumen atau pelanggan loe ... kasih dia list penilaian yang loe mau tau ... jadi dia sembari nyoba sembari ngasih penilaian ...
- Media review
Baca surat pembaca di media2 ... begitu ada keluhan masuk, bales secepatnya keluhan itu dan selesaikan masalah tersebut melalui media itu juga ... kalo hub loe baik sama media itu loe malah bisa tau identitas mereka dan bisa menjalin hubungan baik dengan pelanggan atau konsumen loe untuk menebus sakit hati mereka ... kalo hub loe baik banget sama media itu jack, kalo ada konsumen atau pelanggan pesaing yang nggak puas, loe bisa kirim langsung ke alamat mereka surat betapa loe prihatin akan keadaan itu and bilang klo produk dan pelayanan loe lebih baik loh hehehehehehe.
Media review juga bisa jadi bahan penilaian produk loe bagus atau nggak ... banyak media yg masih jujur kok jadi klo emang produk atau pelayanan loe bagus mereka muji kalo jelek yah mereka cela :D ... tapi buat yg nyela khan loe jadi tau jangan masang iklan dimana ... nggak ada yg lebih tolol dari masang iklan di media yang menghajar kita. Udah tau itu media sering ngebahas cara berhenti ngerokok eh malah pasang iklan rokok di sana .... itu bego banget :))

3.    Customer Relationship
Pemasar yang memikirkan pelanggan atau konsumen lah yang mengikuti perkembangan mereka itu pemasar yang bodoh ... pemasar yang menolak untuk menjalin hubungan dengan pelanggan atau konsumen untuk tau perkembangan orientasi hidup mereka berarti pemasar amatiran ... product recycle itu tujuannya apa sih kalo bukan mengikuti perkembangan jaman khususnya perkembangan konsumen ... produk loe mungkin paling hip sekarang tapi 5 tahun lagi apa masih bisa bilang gitu ??? ... customer relationship ada banyak caranya
      - community marketing
      - hotline service
      - pr/ humas
      jangan anggep remeh jack karena kalo loe bisa bangun hub yg baik loe malah bisa ngebaca jalannya pesaing lewat customer relationship, bisa tau perkembangan konsumen, bisa jd kendaraan promosi atau markom, dll deh ... asli ini alat yg canggih banget buat pemasaran loe

4.     Customer loyalty
Customer loyalty artinya repurchasing alias pembelian ulang dan ini artinya mengikat konsumen biar nggak gampang pindah ke pesaing ... banyak cara buat menjalin kesetiaan konsumen bisa dgn bikin member card, after sales service yg baik, dan total quality management yg bagus ... jadi banyak kok cara menjalin kesetiaan konsumen ...

5.    Customer Cult
Luar biasa banget kalau bisa tahap ini ... kalo konsumen sudah sangat setia dia bisa mengkultuskan produk atau jasa kita, mereka bahkan bisa mereferensikan produk kita ke org lain atau mempromosikan produk kita ke org lain ... contoh produk yang dikultuskan itu yah kayak harley davidson, apple, dll ... mau tau gimana ??? wah panjang banget klo ini ... ntr aja jack g sambung klo sempet


Sumber : milis marketing

Tidak ada komentar:

Posting Komentar