Senin, 12 Maret 2018

CRM PASSION-KU, KAMU?

Setelah 22 tahun berkarir, sejak 1995, bulan ini, Maret 2018 saya membuat keputusan besar (lagi). Keputusannya adalah FOKUS pada hal yang membuat saya bergairah, yang dalam hal tersebut saya bisa melakukan banyak hal dan ternyata pada hal tersebut saya menghasilkan banyak uang. Apa itu? CRM. Yaa, akhirnya saya menemukan dan memutuskan untuk mengisi waktu berharga dengan berkarir di bidang CRM, Customer Relationship Management. 
Mungkin beberapa di antara Anda bertanya, apa itu CRM? Rasanya bisnis di jaman sekarang sangat membutuhkan peran CRM sebagai strategi mempertahankan dan bahkan meningkatkan bisnis. Intinya CRM adalah upaya mempertahankan pelanggan yang ada sehingga menjadi loyal, dengan indikasi beli lagi dan beli lagi. dan pada tingkatan lebih tinggi mereka tidak sekedar loyal bahkan merekomendasikan dan membela merek kita.

Tanpa saya sadari selama lebih dari 20 tahun saya mengerjakan pekerjaan menjaga pelanggan di berbagai perusahaan besar, seperti Telkom Indonesia, Infomedia Nusantara, Fortune Star Global, Bahtera Nusantara Mandiri, Dimarco Mitra Utama, Pacific Paint Indonesia, AJMS dan saat ini berkesempatan membidani CRM di BPJS ketenagakerjaan. Penilaian dari banyak kolega dan teman-teman, saya punya ketertarikan dan keahlian dalam hal ini (CRM), semakin membulatkan pilihan bahwa passion saya adalah Customer Relationship Management (CRM). 


BERLABUH

Endingnya adalah KONSULTAN dan TRAINER untuk bidang CRM. Beberapa kelas training dilakukan dengan hasil peserta puas dan merasa mendapatkan ilmu yang banyak, bahkan mereka menyesal mengikuti kelas,... "menyesal kenapa tidak dari dulu". Beberapa perusahaan besar meminta saya membantu sebagai konsultan, rasanya lebih dari cukup untuk meyakinkan bahwa saya harus fokus di sana - CRM. Yang terbaru, perusahaan besar seperti Q-One consulting, Billionaire Store, Ouzen Anugerah Indonesia meminta saya membuat blue Print, melakukan pelatihan atau melakukan pendampingan untuk implementasi CRM mereka. Dan yang paling baru, BUMN dengan jumlah member lebih dari 45 juta, meminta saya untuk mendevelop Loyalty Program (CRM) agar bisa menjaga dan mengembangkan pesertanya "BPJS Tenagakerja". Akhir maret 2018, memutuskan untuk tidak lagi menjadi karyawan dari perusahaan besar Pacific Paint, perusahaan cat tertua di Indonesia, tentu bukan keputusan kecil. Namun demi melabuhkan diri di CRM, maka mesti mengambil keputusan untuk meninggalkan Pacific Paint sebagai karyawan - dan berubah memposisikan diri sebagai konsultan lepas untuk Pacific Paint (win win solution bagi PP dan saya). 

JAM TERBANG

Lebih dari 20 tahun sebagai praktisi, menjadi konsultan CRM di berbagai perusahaan dengan bisnis yang berbeda, Workshop CRM yang setahun terakhir diminati banyak peserta (dan alhamdulillah mereka puas)... menjadi catatan reputasi yang saya akan senantiasa jaga dan menjadi amanah untuk terus berbagi Ilmu dan wawasan. Terus menambah jam terbang dan meningkatkan skill di bidang CRM, dengan melakukan banyak hal yang terukur dan terencana:
  1. Menjadi konsultan CRM di beberapa perusahaan selama tahun 2018
  2. Mengikuti kelas CRM yang diselenggarakan oleh lembaga lain
  3. Mengambil license profesional CRM (P-CRM)
  4. Aktif menulis tentang CRM di www.belajartentangcrm.com
  5. Aktif di social media untuk berbagi Tips tentang implementasi CRM
  6. Aktfi membuka kelas / workshop CRM (public / In-house), satu bulan sekali (JADWAL WORKSHOP CRM)
Yang jelas, selalu berusaha agar setiap aktivitas didasari bahwa kegiatan tersebut memberikan manfaat buat orang lain. 

SHARE TO INSPIRE

Saya dilahirkan dengan keinginan yang tinggi untuk selalu berbagi, memberikan manfaat kepada orang lain, siapapun yang bertemu dengan saya harus mendapatkan manfaat dari pertemuan tersebut, apapun itu, harus. Dari semangat berbagi ini, lahirlah logo "SHARE TO INSPIRE", ini akan menjadi wadah dari semua aktivitas saya untuk sharing CRM, baik melalui kelas, coaching, tulisan. 

Skill PUBLIC SPEAKING

Saya senang karena ada satu hal uang membedakan dengan trainer lain, bahwa saya selama 3 tahun terakhir belajar Public Speaking. Memberikan training dengan bekal ilmu public speaking sangat membantu kelancaran, audien merasa nyaman, ilmu tersampaikan dengan baik. Terimakasih kepada Heartspeaks Indonesia atas ilmu keren yang tidak pernah berhenti dialirkan pada saya.






Joko Ristono, ST

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Senin, 12 Maret 2018

CRM PASSION-KU, KAMU?

Setelah 22 tahun berkarir, sejak 1995, bulan ini, Maret 2018 saya membuat keputusan besar (lagi). Keputusannya adalah FOKUS pada hal yang membuat saya bergairah, yang dalam hal tersebut saya bisa melakukan banyak hal dan ternyata pada hal tersebut saya menghasilkan banyak uang. Apa itu? CRM. Yaa, akhirnya saya menemukan dan memutuskan untuk mengisi waktu berharga dengan berkarir di bidang CRM, Customer Relationship Management. 
Mungkin beberapa di antara Anda bertanya, apa itu CRM? Rasanya bisnis di jaman sekarang sangat membutuhkan peran CRM sebagai strategi mempertahankan dan bahkan meningkatkan bisnis. Intinya CRM adalah upaya mempertahankan pelanggan yang ada sehingga menjadi loyal, dengan indikasi beli lagi dan beli lagi. dan pada tingkatan lebih tinggi mereka tidak sekedar loyal bahkan merekomendasikan dan membela merek kita.

Tanpa saya sadari selama lebih dari 20 tahun saya mengerjakan pekerjaan menjaga pelanggan di berbagai perusahaan besar, seperti Telkom Indonesia, Infomedia Nusantara, Fortune Star Global, Bahtera Nusantara Mandiri, Dimarco Mitra Utama, Pacific Paint Indonesia, AJMS dan saat ini berkesempatan membidani CRM di BPJS ketenagakerjaan. Penilaian dari banyak kolega dan teman-teman, saya punya ketertarikan dan keahlian dalam hal ini (CRM), semakin membulatkan pilihan bahwa passion saya adalah Customer Relationship Management (CRM). 


BERLABUH

Endingnya adalah KONSULTAN dan TRAINER untuk bidang CRM. Beberapa kelas training dilakukan dengan hasil peserta puas dan merasa mendapatkan ilmu yang banyak, bahkan mereka menyesal mengikuti kelas,... "menyesal kenapa tidak dari dulu". Beberapa perusahaan besar meminta saya membantu sebagai konsultan, rasanya lebih dari cukup untuk meyakinkan bahwa saya harus fokus di sana - CRM. Yang terbaru, perusahaan besar seperti Q-One consulting, Billionaire Store, Ouzen Anugerah Indonesia meminta saya membuat blue Print, melakukan pelatihan atau melakukan pendampingan untuk implementasi CRM mereka. Dan yang paling baru, BUMN dengan jumlah member lebih dari 45 juta, meminta saya untuk mendevelop Loyalty Program (CRM) agar bisa menjaga dan mengembangkan pesertanya "BPJS Tenagakerja". Akhir maret 2018, memutuskan untuk tidak lagi menjadi karyawan dari perusahaan besar Pacific Paint, perusahaan cat tertua di Indonesia, tentu bukan keputusan kecil. Namun demi melabuhkan diri di CRM, maka mesti mengambil keputusan untuk meninggalkan Pacific Paint sebagai karyawan - dan berubah memposisikan diri sebagai konsultan lepas untuk Pacific Paint (win win solution bagi PP dan saya). 

JAM TERBANG

Lebih dari 20 tahun sebagai praktisi, menjadi konsultan CRM di berbagai perusahaan dengan bisnis yang berbeda, Workshop CRM yang setahun terakhir diminati banyak peserta (dan alhamdulillah mereka puas)... menjadi catatan reputasi yang saya akan senantiasa jaga dan menjadi amanah untuk terus berbagi Ilmu dan wawasan. Terus menambah jam terbang dan meningkatkan skill di bidang CRM, dengan melakukan banyak hal yang terukur dan terencana:
  1. Menjadi konsultan CRM di beberapa perusahaan selama tahun 2018
  2. Mengikuti kelas CRM yang diselenggarakan oleh lembaga lain
  3. Mengambil license profesional CRM (P-CRM)
  4. Aktif menulis tentang CRM di www.belajartentangcrm.com
  5. Aktif di social media untuk berbagi Tips tentang implementasi CRM
  6. Aktfi membuka kelas / workshop CRM (public / In-house), satu bulan sekali (JADWAL WORKSHOP CRM)
Yang jelas, selalu berusaha agar setiap aktivitas didasari bahwa kegiatan tersebut memberikan manfaat buat orang lain. 

SHARE TO INSPIRE

Saya dilahirkan dengan keinginan yang tinggi untuk selalu berbagi, memberikan manfaat kepada orang lain, siapapun yang bertemu dengan saya harus mendapatkan manfaat dari pertemuan tersebut, apapun itu, harus. Dari semangat berbagi ini, lahirlah logo "SHARE TO INSPIRE", ini akan menjadi wadah dari semua aktivitas saya untuk sharing CRM, baik melalui kelas, coaching, tulisan. 

Skill PUBLIC SPEAKING

Saya senang karena ada satu hal uang membedakan dengan trainer lain, bahwa saya selama 3 tahun terakhir belajar Public Speaking. Memberikan training dengan bekal ilmu public speaking sangat membantu kelancaran, audien merasa nyaman, ilmu tersampaikan dengan baik. Terimakasih kepada Heartspeaks Indonesia atas ilmu keren yang tidak pernah berhenti dialirkan pada saya.






Joko Ristono, ST

Tidak ada komentar:

Posting Komentar