Selasa, 23 Mei 2017

NETWORK IS POWER

Dalam 10 tahun terakhir, malang melintang di dunia bisnis, saya benar-benar merasakan bahwa no network no business. Lima perusahaan terakhir tempat saya bekerja 10 tahun terakhir, tidak ada yang menggunakan lamaran kerja seperti biasanya orang mendapatkan pekerjaan, tapi pekerjaan di dapatkan dari network yang saya miliki. Beberapa project yang saya kerjakan setahun terakhir, 100% saya dapatkan karena network, tidak menawar-nawarkan proposal sebagaimana orang mencari project pada umumnya. Hidup Network…..

Kalau saya merasakan hal yang hebat berkaitan dengan networking, betapa pentingnya relasi pertemanan… dan saya yakin Andapun setuju.

Berikut sharing sahabat saya “Tommy Afandhi” terkait dengan Networking. Yuuk kita simak:
Network adalah jaringan dari Sistem komunikasi data yang melibatkan sebuah atau lebih Sistem komputer yang dihubungkan dengan jalur transmisi alat komunikasi membentuk satu Sistem. Dengan network, komputer yang satu dapat menggunakan data di komputer yang lain. Dapat mencetak laporan di printer komputer yang lain, dapat memberi berita ke komputer yang lain walaupun berlainan area. Network merupakan cara yang sangat berguna untuk mengintegrasi kan Sistem informasi dan menyalurkan arus informasi dari satu area ke area lainnya (Aditya C. Putra)
Jalur komunikasi adalah salah satu kunci keberhasilan dalam sebuah strategi, semua strategi baik militer, sosial, ekonomi dan marketing. Output dari strategy marketing adalah pencapaian target sales dengan outcome retensi dan loyalty customer dalam jangka panjang. Dalam sebuah jalur bisnis proses endingnya akan selalu ada proses evaluasi dan perbaikan secara terus menerus "continuous improvement".

Komunikasi antar departemen adalah kunci keberhasilan dalam sebuah eksekusi bisnis proses kegagalan komunikasi antar departemen yang sering kita temui tidak selalu kesalahan dr SDM semata tapi karena lebih banyak perusahaan yang tidak mengenal dirinya secara utuh, tidak memiliki blue print yang clear terhadap arah dan tujuan perusahaan sehingga dia tidak mampu menterjemahkan kebutuhan sistem komunikasi yang di butuhkan, biaya ratusan juta rupiah di keluarkan untuk membangun internal network yang pada akhirnya tidak kompetible dengan bisnis proses yang berjalan. Sistem komunikasi internal menjadi lemah, muncul fraud dan kecurangan, keterlambatan informasi, kesalahan data, hal ini tentu akan sangat merugikan perusahaan yang akan mengakibatkan kesalahan kalkulasi, keterlambatan prediksi, dan kekeliruan dalam mengambil sebuah keputusan / kebijakan

Network dengan Pelanggan

Membangun network yang kuat adalah penting, bagaimana network dibangun pada pondasi dengan bisnis proses customer seperti yang di butuhkan adalah menjadi keharusan, dan jauh lebih penting adalah People:
  1. Mengenali bisnis proses secara utuh
  2. Membangun sistem yang kompatible
  3. Kedisiplinan eksekusi (People)
  4. Sistem kontrol dan evaluasi.
Salam Smart Life
Joko Ristono

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Selasa, 23 Mei 2017

NETWORK IS POWER

Dalam 10 tahun terakhir, malang melintang di dunia bisnis, saya benar-benar merasakan bahwa no network no business. Lima perusahaan terakhir tempat saya bekerja 10 tahun terakhir, tidak ada yang menggunakan lamaran kerja seperti biasanya orang mendapatkan pekerjaan, tapi pekerjaan di dapatkan dari network yang saya miliki. Beberapa project yang saya kerjakan setahun terakhir, 100% saya dapatkan karena network, tidak menawar-nawarkan proposal sebagaimana orang mencari project pada umumnya. Hidup Network…..

Kalau saya merasakan hal yang hebat berkaitan dengan networking, betapa pentingnya relasi pertemanan… dan saya yakin Andapun setuju.

Berikut sharing sahabat saya “Tommy Afandhi” terkait dengan Networking. Yuuk kita simak:
Network adalah jaringan dari Sistem komunikasi data yang melibatkan sebuah atau lebih Sistem komputer yang dihubungkan dengan jalur transmisi alat komunikasi membentuk satu Sistem. Dengan network, komputer yang satu dapat menggunakan data di komputer yang lain. Dapat mencetak laporan di printer komputer yang lain, dapat memberi berita ke komputer yang lain walaupun berlainan area. Network merupakan cara yang sangat berguna untuk mengintegrasi kan Sistem informasi dan menyalurkan arus informasi dari satu area ke area lainnya (Aditya C. Putra)
Jalur komunikasi adalah salah satu kunci keberhasilan dalam sebuah strategi, semua strategi baik militer, sosial, ekonomi dan marketing. Output dari strategy marketing adalah pencapaian target sales dengan outcome retensi dan loyalty customer dalam jangka panjang. Dalam sebuah jalur bisnis proses endingnya akan selalu ada proses evaluasi dan perbaikan secara terus menerus "continuous improvement".

Komunikasi antar departemen adalah kunci keberhasilan dalam sebuah eksekusi bisnis proses kegagalan komunikasi antar departemen yang sering kita temui tidak selalu kesalahan dr SDM semata tapi karena lebih banyak perusahaan yang tidak mengenal dirinya secara utuh, tidak memiliki blue print yang clear terhadap arah dan tujuan perusahaan sehingga dia tidak mampu menterjemahkan kebutuhan sistem komunikasi yang di butuhkan, biaya ratusan juta rupiah di keluarkan untuk membangun internal network yang pada akhirnya tidak kompetible dengan bisnis proses yang berjalan. Sistem komunikasi internal menjadi lemah, muncul fraud dan kecurangan, keterlambatan informasi, kesalahan data, hal ini tentu akan sangat merugikan perusahaan yang akan mengakibatkan kesalahan kalkulasi, keterlambatan prediksi, dan kekeliruan dalam mengambil sebuah keputusan / kebijakan

Network dengan Pelanggan

Membangun network yang kuat adalah penting, bagaimana network dibangun pada pondasi dengan bisnis proses customer seperti yang di butuhkan adalah menjadi keharusan, dan jauh lebih penting adalah People:
  1. Mengenali bisnis proses secara utuh
  2. Membangun sistem yang kompatible
  3. Kedisiplinan eksekusi (People)
  4. Sistem kontrol dan evaluasi.
Salam Smart Life
Joko Ristono

Tidak ada komentar:

Posting Komentar