Jumat, 06 Juli 2012

Manfaat Database Management


Sekali lagi kita akan bahan aplikasi database dalam dunia marketing, khususnya dalam relationship marketing atau CRM. Bahwa CRM tanpa database adalah Mission Impossible !! 

Kegiatan kunci dari CRM adalah mengenali pelanggan sehingga bisa memberikan perlakukan dengan benar kepada mereka yang akhirnya hubungan bisa berjalan dengan langgeng

Tujuan memiliki Database
  • Mengenali pelanggan. Mengenal pelanggan adalah kunci untuk membina hubungan jangka panjang
  • Sebagai sumber informasi yang sangat penting bagi program pemasaran. Informasi / pengetahuan dibutuhkan untuk menentukan strategy

Manfaat database secara Umum 
Dengan adanya database yang baik, maka banyak hal yang bisa dilakukan dengan benar, antara lain :
  • Segmentasi pelanggan
  • Mengenal pelanggan lebih dalam
  • Membuat Program yang sesuai
  • Program Up selling & cross selling
  • Referal Program /member get member
  • Projection program
  • Win back program

Dalam CRM, database mengakomodir seluruh informasi tentang customer, baik biodata, transaksi, dan semua hal terkait dengan customer. Seluruh informasi tersebut yang akan digunakan sebagai knowledge untuk mengenali mereka lebih baik, sehinggan komunikasi bisa dijalankan dengan tepat (custom sesuai profil pelanggan)

Manfaat database untuk mengenalil pelanggan dalam CRM

Tergantung bisnis Anda, field dalam database sangat ditentukan kebutuhan sesuai dengan bidang bisnis dan tujua CRM. Contoh informasi yang dicatat dalam database :
  • Nomor identitas
  • Nama dan alamat pelanggan
  • Nama pengambil keputusan
  • Gelar dan jabatan
  • Nomor telepon
  • Email address
  • Nomor HP
  • Historical transaksi
  • Frekuensi pembelian
  • Estimasi habis
  • Produk yang dibeli
  • Jumlah pembelian
  • Nilai pembelian
  • Periodik Purchase
  • Rata – rata pembelian
  • Rata – rata pembelian
  • Cara pembelian
  • Cara bayar
  • Catatan kontak
  • Bagaimana pelanggan direkruit
  • Data keluarga
  • Media habits
  • Hobby
  • POIN
  • Peralatan yang dimiliki
  • Data keuangan
  • Apakah suka traveling saat libur
  • Credit card yang dipunyai
  • Membership lain ?
  • Dst….

MANFAAT DATABASE UNTUK CRM
  • Bank data & informasi
  • Segmentasi
  • Sumber keuangan perusahaan

MANFAAT DATABASE UNTUK SALES
  • Menetukan target sales force
  • Meningkatkan efektifitas kinerja sales force
  • Menentukan dan mengelola pelanggan pareto
  • Memudahkan sales force menentukan skala prioritas
  • Mencapai target yg diinginkan
  • Program Trade Promo
  • Program Consumer promotion

Salam SmartLife
Joko Ristono
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Jumat, 06 Juli 2012

Manfaat Database Management


Sekali lagi kita akan bahan aplikasi database dalam dunia marketing, khususnya dalam relationship marketing atau CRM. Bahwa CRM tanpa database adalah Mission Impossible !! 

Kegiatan kunci dari CRM adalah mengenali pelanggan sehingga bisa memberikan perlakukan dengan benar kepada mereka yang akhirnya hubungan bisa berjalan dengan langgeng

Tujuan memiliki Database
  • Mengenali pelanggan. Mengenal pelanggan adalah kunci untuk membina hubungan jangka panjang
  • Sebagai sumber informasi yang sangat penting bagi program pemasaran. Informasi / pengetahuan dibutuhkan untuk menentukan strategy

Manfaat database secara Umum 
Dengan adanya database yang baik, maka banyak hal yang bisa dilakukan dengan benar, antara lain :
  • Segmentasi pelanggan
  • Mengenal pelanggan lebih dalam
  • Membuat Program yang sesuai
  • Program Up selling & cross selling
  • Referal Program /member get member
  • Projection program
  • Win back program

Dalam CRM, database mengakomodir seluruh informasi tentang customer, baik biodata, transaksi, dan semua hal terkait dengan customer. Seluruh informasi tersebut yang akan digunakan sebagai knowledge untuk mengenali mereka lebih baik, sehinggan komunikasi bisa dijalankan dengan tepat (custom sesuai profil pelanggan)

Manfaat database untuk mengenalil pelanggan dalam CRM

Tergantung bisnis Anda, field dalam database sangat ditentukan kebutuhan sesuai dengan bidang bisnis dan tujua CRM. Contoh informasi yang dicatat dalam database :
  • Nomor identitas
  • Nama dan alamat pelanggan
  • Nama pengambil keputusan
  • Gelar dan jabatan
  • Nomor telepon
  • Email address
  • Nomor HP
  • Historical transaksi
  • Frekuensi pembelian
  • Estimasi habis
  • Produk yang dibeli
  • Jumlah pembelian
  • Nilai pembelian
  • Periodik Purchase
  • Rata – rata pembelian
  • Rata – rata pembelian
  • Cara pembelian
  • Cara bayar
  • Catatan kontak
  • Bagaimana pelanggan direkruit
  • Data keluarga
  • Media habits
  • Hobby
  • POIN
  • Peralatan yang dimiliki
  • Data keuangan
  • Apakah suka traveling saat libur
  • Credit card yang dipunyai
  • Membership lain ?
  • Dst….

MANFAAT DATABASE UNTUK CRM
  • Bank data & informasi
  • Segmentasi
  • Sumber keuangan perusahaan

MANFAAT DATABASE UNTUK SALES
  • Menetukan target sales force
  • Meningkatkan efektifitas kinerja sales force
  • Menentukan dan mengelola pelanggan pareto
  • Memudahkan sales force menentukan skala prioritas
  • Mencapai target yg diinginkan
  • Program Trade Promo
  • Program Consumer promotion

Salam SmartLife
Joko Ristono
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar